KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA INGGRIS
KELAS
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2
Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.3
Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
3.4
Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.5
Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik yang dekat dengan kehidupan siswa
sehari-hari.
3.6
Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks label nama (label) dan daftar barang (list),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7
Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan
dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.8
Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan
dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.9
Memahami fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda
atau rambu (short notice), tanda
peringatan (warning/caution),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang,
binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.11 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
4.1
Menyusun teks
lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.2
Menyusun teks
lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan,
menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.4
Menangkap makna pemaparan jati diri
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
4.5
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri,
dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.6
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda, dan
bangunan publik yang
dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan
fungsi sosial,
struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.7
Menyusun teks tulis label nama (label) dan daftar barang (list), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.8
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.9
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi
dari orang, binatang, dan benda, dengan unsur
kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.10
Menangkap makna teks
instruksi (instruction), tanda atau
rambu (short notice), tanda
peringatan (warning/caution), lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana.
4.11
Menyusun teks
instruksi (instruction), tanda atau
rambu (short notice), tanda
peringatan (warning/caution), lisan
dan tulis,
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial,
struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.12
Menangkap makna dalam teks deskriptif
lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana.
4.13
Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis,
sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.14
Menangkap
makna lagu.
|
KELAS X : WAJIB
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal
dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap (extended),
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care), serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap (extended),
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang
merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang,
tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.9
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount
tentang pengalaman, kejadian, dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.10 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif
sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11 Menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
sederhana.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menangkap makna pemaparan jati diri lisan
dan tulis.
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.3
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan
dan merespon pujian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.4
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan
dan merespon ungkapan perhatian (care),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai
konteks.
4.5
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan
tentang niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.6
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan
dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan
fungsi sosial,
struktur
teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai
konteks.
4.7
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan
tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.8
Menangkap makna dalam teks deskriptif,
lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal.
4.9
Menyunting teks deskriptif tulis, sederhana, tentang orang,
tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.11 Menangkap
makna pemberitahuan (announcement).
4.12 Menyusun
teks tulis pemberitahuan (announcement),
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.13 Menangkap
makna teks recount lisan dan tulis,
sederhana, tentang pengalaman, kegiatan,
kejadian, dan peristiwa.
4.14 Menyusun
teks recount lisan dan tulis,
sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.15 Menangkap
makna teks naratif lisan dan
tulis berbentuk cerita
pendek sederhana.
4.16 Menangkap makna lagu sederhana.
|
KELAS X: PEMINATAN
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan,
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada formulir isian yang digunakan di perusahaan,
bank, instansi, dll.
3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan simpati, serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.4
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau
waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang kecukupan
untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.6
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks iklan barang, jasa, dan kegiatan
(event) di media massa, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount
berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif berbentuk cerita pendek,
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
keterkaitan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks explanation
tentang gejala alam, sesuai dengan konteks pembelajaran lain di Kelas X.
3.12
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
keterkaitan antara dua benda atau tindakan, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.13
Menganalisis perbedaan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dan teks
explanation, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.14
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks proverb
dan riddle, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.15
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari lagu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan, menanyakan, dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.2
Menangkap makna dan mengisi pada
formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespon ungkapan simpati, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.5
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang kecukupan untuk dapat/tidak dapat
melakukan/menjadi sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6
Menangkap makna dalam iklan barang,
jasa, dan
kegiatan (event) dari
media massa.
4.7
Menyusun teks tulis iklan barang,
jasa dan, kegiatan (event)
dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.8
Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, tentang
laporan kerja dan uraian peristiwa
bersejarah.
4.9
Menyusun teks recount lisan dan tulis,
tentang laporan
kerja dan uraian peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.10
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,
sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.11
Menangkap makna teks naratif lisan dan
tulis berbentuk cerita pendek sederhana.
4.12
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan sebab akibat, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.13
Menangkap makna teks explanation tentang gejala alam,
sesuai dengan konteks pembelajaran lain di Kelas X.
4.14
Menyunting teks explanation tentang gejala alam, sesuai dengan konteks
pembelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.15
Menyusun teks explanation tentang gejala alam, sesuai dengan konteks
pembelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.16
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan antara dua benda atau tindakan,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.17
Menyebutkan perbedaan dan persamaan
teks deskriptif dan teks explanation,
dilihat dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
4.18
Menangkap makna proverb dan riddle
4.19
Menangkap makna lagu.
|
0 comments